Minggu, 31 Juli 2016

Legoland Johor Bahru – Serial 6 hari untuk 4 Negara – Hari Ketiga


Backpacker’s Note kali ini adalah tips naik bus kota internasional, penginapan murah di Johor Bahru, jalan ke Legoland dan menghadapi Calo di Larkin Bus Terminal.

Tiket kecil berwarna merah muda yang didapat saat masuk bus 170 jangan sampai hilang, karena saat keluar dari Imigrasi Singapore kita akan naik bus 170 yang lain bukan yang kita tumpangi tadi. Demikian juga saat keluar dari Imigrasi Malaysia, bus 170 yang akan membawa kita ke Larkin Bus Terminal sudah lain lagi. Saat sore dimana penumpang bus berjejal, pengatur bus sangat kasar sekali bicaranya, sehingga tiket ini bila hilang ya terpaksa harus beli lagi.

Saat sore hari, keluar Imigrasi Singapura maupun Malaysia, untuk kembali naik bus 170, antriannya bisa seperti ini. Usahakan dari Singapura masuk Malaysia tidak jam 16.00 sampai 18.00



Sampai pemberhentian akhir bus di Larkin, usahakan keluar gerbang terminal yang menuju Jalan Garoda 2. Turun bus jalan ke selasar terminal (banyak tempat duduk), belok kiri, jalan terus sampai keluar kejalan besar (Jalan Garoda 2), belok kanan terus sampai ketemu ini tulisan ini:
 Disekitar ini cukup banyak hotel dan hostel bersih yang cukup murah.

Sarapan pagi disebuah hostel yang semalam bertarif Rp.246.000,- satu kamar untuk 2 orang sudah pakai AC, ada TV layar datar dan tentunya Wifi broadband. Karena hostel maka kamar mandi ada diluar.

Saat naik pesawat saya mendengar percakapan sekeluarga dengan beberapa anak kecil dari Indonesia akan mengunjungi Legoland. Melihat tarif masuk Legoland dan penerbangan yang dilakukan oleh keluarga ini, saya menjadi ingat saat di Kampus mendengar keluhan orang tua yang berjuang supaya anaknya mendapat fasilitas kuliah gratis di PTN. Sementara itu ada yang mengeluarkan jutaan rupiah untuk lihat kotak-kotak kecil yang bisa disusun ..... hidup memang penuh ironi.
Untuk menuju Legoland silahkan kembali ke Bus Terminal Larkin, cari pemberhentian bus yang menuju Gelang Patah.
Bus Causeway Link jurusan Gelang Patah mampir Hello Kitty, Terminal Ferry Puteri dan Legoland. Tambang sehala atau tiket sekali jalan Larkin - Legoland RM.3,30. Sekali lagi sediakan uang pas,sebab belum tentu pak sopir punya uang kembali.

Bus akan mampir di Hello Kitty 
Dari halaman Hello Kitty dapat melihat pemandangan Putery Harbour
Bus akan mampir dan berhenti, mungkin menurunkan penumpang atau ada penumpang yang naik dari
 Pelabuhan Terminal Fery Puteri Harbour (PTFPH). 
Pelabuhan ini melayani fery langsung dari Pulau Batam dan Tanjung Balai.

Akhirnya sampai juga ke area Legoland, silahkan turun di Melia Residences.

Beberapa saat yang lalu untuk ke Legoland, bus akan masuk kedalam area parkir yang luas sehingga pengunjung harus berjalan kaki agak jauh. Sekarang dari Melia Residences, Legoland sangat dekat.
Apabila ingin masuk kedalam silahkan klik disini untuk konfirmasi harga tiket. 
Kalau saya cukup photostop, mejeng dihalaman Legoland saja ..... hehehehehe......



Tanya harga tiket masuk? Klik disini


Kalau ingin bermalam di-area Legoland, tersedia hotel bintang 5.

Last but not least, mampir disini dulu ..... bersih dan gratis. Akhirnya saya meninggalkan Legoland
Kembali naik bus ke Larkin untuk melanjutkan perjalanan menuju Kuala Lumpur 

Tahun yang lalu saya masih bisa naik kereta api malam dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur Sentral, bahkan beberapa tahun yang lalu saya naik kereta api dari Singapore (Tanjung Pagar) sampai Kuala Lumpur. Tapi sekarang kereta api dari Johor Bahru ke Kuala lumpur sudah tidak ada. Untuk ke Kuala Lumpur Sentral harus ke Gemas lebih dahulu baru melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur. 
Transportasi paling mudah menuju Kuala Lumpur saat ini dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur adalah naik bus dari Larkin.

Saran:
Apabila masih pemula dan belum pernah, saya sarankan memilih bus Transnasional (bukan iklan lho, saya sendiri jarang naik bus ini karena jadwalnya ketat dan disiplin). Beli tiket langsung ke loket Transnasional dan JANGAN MAU DIPENGARUHI CALO YANG ADA DIDEPAN LOKET. Harga tiket RM 35,- (Tambang sehala). Saat hari-hari sepi banyak bus kesulitan penumpang, naaahhhh .... para calo akan mengarahkan penumpang naik bus tertentu, akibatnya tidak ada jadwal yg pasti karena menunggu bus penuh. Disamping itu ditengah jalan rawan terjadi transfer penumpang, penumpang dipindah bus. Saat saya ke Kuala Lumpur ini, ditengah jalan penumpang tujuan Seremban diturunkan dipindah ke bus lain. Sebab bus yang saya tumpangi tidak mau mampir terminal Seremban.

Menjelang petang akhirnya hari ini saya sampai juga di Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur.

Pengeluaran saya hari ini:
Hostel semalam untuk 2 orang                               Rp.    246.000,-
Bus Larkin - Legoland pp untuk 2 orang                RM.  13,20
Bus Larkin - Terminal Bersepadu Selatan 2 orang  RM.  70,- 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar