Senin, 01 Agustus 2016

Dari Terminal Bersepadu Selatan ke Kuala Lumpur Sentral


Bus dari Singapura, Melaka, Johor Bahru bahkan dari Penang masuk ke Terminal Bersepadu Selatan. Backpacker’s Note kali ini memberi petunjuk bagaimana cara menuju Kuala Lumpur Sentral untuk mencari tempat bermalam yang murah serta mudah mencapai obyek-obyek wisata

Bus datang akan parkir di bawah bangunan, dan dengan menggunakan eksalator dengan mudah dapat dicapai ruang tunggu Terminal.
Bagian luar Terminal Bersepadu Selatan, seperti di bandara, didekat pintu masuk disediakan troli.

Dibagian dalam, lantai mengkilat bersih dan dingin

Ada juga papan pengumuman yang mengumumkan kedatangan dan keberangkatan bus. 
Mulai dari Singapore, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos sampai Hongkong tidak ada yang saya lihat sebuah terminal bus seperti TBS di Malaysia ini.

Bersepadu, karena dari TBS ini terdapat jembatan penghubung menuju stasiun kereta KLIA Transit, KTM Komuter dan Rapid KL Sri Petaling - Sentul Timur.


Dengan menggunakan KTM Komuter yang harga tiketnya RM. 2,40 saya dari TBS menuju Kuala Lumpur Sentral. Transportasi dengan menggunakan KTM Komuter harus ekstra sabar dalam menunggu kedatangan kereta sebab kereta hanya lewat antara 30 sampai 60 menit sekali. Namun ada jalan keluarnya kalau terburu-buru hendak sampai Kuala Lumpur Sentral, silahkan pindah ke stasiun KLIA Transit

dan naik sepur mewah yang sangat cepat

Sayangnya, tarif untuk naik kereta ini harganya sepuluh kali lipat lebih dari tarif KTM Komuter. Untuk saya, anggaran sebesar itu untuk transportasi sangat berada diluar area budget .... hehehehe ... sabar saja.

Komuter yang ditunggu akhirnya datang juga, karena sudah sore, jumlah penumpang cukup banyak dan didalam kereta penumpang berjubel. Tanpa mendapat tempat duduk dan terus bergelantungan akhirnya sampai juga di stasiun Kuala Lumpur Sentral.
Stasiun Kuala Lumpur Sentral atau KL Sentral merupakan Hub Transportasi, sebuah stasiun kereta yang di-integrasikan dengan sebuah Mall besar. Untuk yang belum pernah, tanya ke Petugas dimana letak bus yang menuju ke KLIA2 (meskipun kita tidak ke sana, sebab ini pertanyaan paling mudah untuk tidak tersesat). Kita akan diarahkan ke lantai bawah, dimana parkir bus-bus besar yang akan menuju bandara KLIA dan KLIA2. Kemudian silahkan berjalan searah dengan arah moncong bus, terus sampai keluar bangunan dan berada di area seperti ini:

Ikuti grid line warna kuning penuntun orang buta sampai jalan besar, dihadapan kita ada bangunan besar kantor Bank ..... cek disini dengan klik. Kalau dihadapan kita seperti Google Map tersebut, silahkan menyeberang, dibelakang bangunan Bank tersebut terdapat cukup banyak Hostel dan Hotel yang tinggal sesuai dengan ukuran kantong saja.

Saya tinggal di Hotel Ekonomi dengan tarif semalam untuk dua orang RP. 200.000,-

Dekat dengan pasar yang menyajikan kuliner lokal dengan harga murah. 

Pengeluaran saya:
Hotel  semalam untuk 2 orang  Rp. 200.000,-
Tambang Sehala KTM Komuter TBS - KL Sentral 2 orang RM. 4,80










Tidak ada komentar:

Posting Komentar