Selasa, 07 November 2017

Big Bee Farm Pattaya - Thailand


Tour ke Bangkok – Pattaya yang dipandu oleh sebuah Travel Biro diharuskan belok ke “41/10 Moo.3 Pattaya-Chonburi Rd T.Nongplalai A.Banglamung Chonburi 20150 Thailand” untuk mengunjungi peternakan lebah yang dibina oleh Raja Thailand. Demikian juga perjalanan tour PPTI- Unesa Surabaya, sebelum sampai ke Pattaya, bus kami belok dulu ke Thepprasit Honey Farm yang menurut sejarahnya didirikan sejak tahun 1999.

Dibagian depan bangunan terdapat patung lebah raksasa, yang andaikata bisa menyengat begitu, mungkin pengunjung satu bus bisa menderita semua.

Ada papan dengan tulisan pengumuman seperti ini, salah satunya menggunakan Bahasa Indonesia. 

Dalam pikiran saya (setelah melihat konstruksi papan) dengan adanya pengumuman dalam Bahasa Indonesia, berarti banyak sekali Warga NKRI yang berkunjung ke Thailand. Saya tidak tahu arti peringatan yang lain, cuma arti peringatan yang berbahasa Inggris jauh berbeda dengan peringatan yang berbahasa Indonesia. 
He..he...he...he....kalau orang Indonesia saat didekati lebah tidak boleh teriak-teriak apa lagi lari..... sedangkan untuk orang Inggris tidak boleh memukul lebah yang hinggap ditubuhnya. Untuk yang menggunakan bahasa Thai, Rusia, China dan Arab saya jelas tidak tahu. Bagi backpacker yang mengandalkan angkutan umum, kelihatannya susah untuk berkunjung ke tempat ini. Sebab saya perhatikan, lokasi yang masih jauh dari Pattaya dan tidak ada angkutan umum dijalanan. Jadi untuk mencapai tempat ini harus menggunakan taxi dari Pattaya.

SOP-nya adalah mendengarkan petunjuk dan sejarah Big Bee atau Thepprasit Farm.
Yang memberi arahan sangat fasih berbahasa Indonesia karena memang orang Indonesia.


Yang dijelaskan, manggut-manggut saja, entah ngerti atau tidak. Penjelasan yang diberikan, lebah yang dipelihara oleh Thepprasit Farm adalah lebah yang mengambil sari bunga Opium atau Candu. Opium tersebut ditanam di area perkebunan yang terletak di Chiang Rai, kota dingin di Thailand Utara. Ditekankan bahwa lebah mengambil sari bunga Opium, sedangkan candu diambil dari getah Opium, jadi berbeda. Produk Thepprasit tidak membuat orang jadi ketagihan.

Rumah lebah yang ditunjukkan oleh mbakyu asisten


Ditunjukkan juga (katanya...lho) lebih terkecil.


Yang menghasilkan Propolis (akhirnya tahu juga saya, apa itu Propolis yang banyak di-iklan-kan dan berharga mahal).
Informasi yang saya dapat, Propolis adalah getah yang dikumpulkan oleh lebah kecil itu tadi dari tanaman dan pohon. Getah itu digunakan oleh kelompok lebah untuk lapisan area utama sarang yang akan membentuk area steril. Propolis mengandung getah tanaman, sari minyak, lilin dan bioflavonoid. Bioflavonoid inilah yang mengandung anti oksidan kuat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dari Propolis ini dapat diproduk obat dalam bentuk tablet, Propolis cairan dan Propolis spray.

Kalau di Jombang, ini namanya Tawon Endas. Kalau kena sengat, badan bisa panas dingin.

Sebagai pendengar setia, ngikut saja dijelaskan sambil ditunjukkan medianya. 

Alat untuk meng-ekstrak madu dari rumah lebah.


 Akhirnya dikumpulkan di sebuah ruangan, diberi jamu Royal Jely yang dilarutkan dalam air hangat.

Sebagai catatan yang saya jadi tahu setelah berkunjung ke Big Bee.
Berpuluh tahun yang lalu saya membeli madu di Kendari. Dijamin 100% asli karena madunya diperas langsung didepan saya kemudian masuk botol. Dalam perjalanan waktu, madu didalam botol membentuk endapan dan ada gas, sehingga kalau tutup botol dibuka keluar gas seperti botol soft drink.
Di Big Bee ini diberi penjelasan kalau madu seperti itu madu yang belum matang. Madu yang sudah matang tidak akan terjadi endapan didalam botol, sampai kapanpun madu itu disimpan.
Ciri madu yang sudah matang, madu itu diperas dari rumah lebah yang sudah tertutup malam (lilin lebah) semua. Jadi rumah lebah rupanya ke-putih-putihan tidak kecoklatan. Saya jadi ingat,memang saat di Kendari rumah lebah yang diperas untuk saya warnanya kecoklatan.

Last but not least ..... masuk toko dulu.... ini sasaran utama...

Suatu keuntungan bagi saya, jadi tahu apa itu, Bee Pollen atau Multifloro Bee Polen. Bee Pollen dihasilkan oleh lebah dari spora tanaman yang kaya nutrisi Phytonutrient. Termasuk didalamnya ada enzynes, bioflavonoid, phytosterosis, carotenoid, asam amino, asam lemak, omega 3, chelate dan vitamin lainnya. ....... hehehehe.....makanya kok mahal.
Saya sudah lama mengkonsumsi Royal Jelly dari Bee Farm ini, jadi inilah satu-satunya yang saya beli seharga 2400 Bath untuk berat 250 gram. Royal Jelly adalah kelenjar susu lebah yang katanya mengandung Vitamin B Complex, Inositol dan Asam Folat Mineral serta 30 jenis Asam Amino. Untuk teman-teman penderita diabetes, saya sudah membuktikan kalau Royal Jelly ini bisa menstabilkan kadar gula dalam darah. 

Akhirnya 2.400,- Bath ditukar dengan Royal Jelly ini.....









Tidak ada komentar:

Posting Komentar