Senin, 22 Januari 2018

Ke Bandara A Yani Semarang naik Bus Trans Semarang

Masih banyak orang yang enggan menuju atau dari bandara dengan menggunakan jenis transportasi selain taxi. Banyak anggapan bahwa naik pesawat terbang memiliki kebanggan yang lebih tinggi dibanding naik kapal laut atau kereta api. Meskipun untuk naik pesawat masih dibedakan dengan kasta. Kasta tertinggi di negara kita adalah Kasta Garuda, dibawahnya ada Kasta Lion Batik kemudian berturut turut sampai ke Kasta pesawat yang kalau tidak menunda keberangkatan tidak afdol. Saya akan bercerita saat saya dari Stasiun Semarang Tawang naik Bus Trans Semarang menuju Bandara A. Yani Semarang hanya mengeluarkan dana Rp. 3.500,-


Kota Semarang memiliki Transportasi Bus Kota dengan nama Trans Semarang yang trayeknya di bagi menjadi Koridor-Koridor. Masing-masing Koridor memiliki cakupan yang cukup luas dan di beberapa tempat Koridor-Koridor tersebut saling bersinggungan. Sehingga penumpang dapat berpindah bus untuk menuju tempat yang dikehendaki tanpa harus membayar lagi (asal tiketnya tidak dihilangkan).

Gambar 1. Trayek Bus Trans Semarang.

Keluar dari Stasiun Kereta Api Semarang Tawang, di tepi jalan terlihat tempat Pemberhentian Bus Trans Semarang.
Gambar 2. Keluar dari Setasiun Semarang Tawang.

Gambar 3. Pemberhentian Bus Trans Semarang di Stasiun Semarang Tawang.

Pilih Bus Trans Semarang Koridor 4, yang akan mengantar kita ke Bandara A. Yani Semarang hanya dengan tarip Rp. 3.500,- . Tiket akan ditarik oleh Kondektur Bus setelah bus berjalan, jadi tidak perlu membeli tiket bus di-loket. Jangan kawatir, jumlah Bus Koridor 4 ini cukup banyak, bus berangkat dalam interval waktu yang pendek, sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

Gambar 4. Bus Trans Semarang masuk area Bandara A Yani.

Saat berbelok menuju jalan ke Bandara, bus akan diperlakukan seperti mobil pribadi maupun taxi. Pak Pengemudi Bus akan mengambil tiket masuk dari Mesin Tiket, kemudian palang dibuka otomatis, Bus kembali berjalan tetapi tidak sampai di depan Bandara, Bus berputar sebelum menyeberang rel kereta api dan berhenti di Pemberhentian Bus.

Gambar 5. Pemberhentian Bus Trans Semarang di Bandara A Yani

Kita bisa turun dan berjalan sebentar, menyeberangi rel kereta api, jalan sebentar sudah sampai di Terminal Kedatangan dan berjalan lagi sudah sampai Pintu Keberangkatan Bandara A Yani Semarang. Kalau dijumlah tidak lebih kita berjalan sejauh 300 meter.
Proses pulangnya juga sama, berjalan kaki menuju Pemberhentian Bus, tunggu Bus Trans Semarang Koridor 4 datang.

Gambar 6. Keluar dari Bandara, jalan terus.....

Gambar 7. sampai melewati rel ganda 

Gambar 8. Terlihat Pemberhentian Bus Trans Semarang Koridor 4 yang tadi

Pesan saya, hati-hati saat menyeberangi rel ganda, saat ditutup oleh petugas sebaiknya tunggu sampai kereta apinya lewat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar